Rapat Koordinasi POKJA AMPL

Rapat Koordinasi POKJA AMPL
Situasi Rapat Koordinasi POKJA AMPL di Sikka

Senin, 12 Juli 2010

POKJA AMPL KABUPATEN SIKKA DALAM ALUR WAKTU

oleh: Max Adifan

Proses pembentukan kelompok kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (POKJA AMPL) di Kabupaten Sikka telah memakan waktu yang lama. POKJA AMPL ini diprakarsai sejak tahun 2008 oleh Dinas Kesehatan, Dinas PU, Pertambangan dan Energi dan BPPPMD Kabupaten Sikka dan didukung oleh lembaga UNICEF. Inisiatif ini semakin mengarah kepada tujuan pembentukan POKJA AMPL dengan diterbitkannya Keputusan Bupati Sikka nomor 255/ HK /2009 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Penyelenggaraan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat Kabupaten Sikka tahun 2009. Tim koordinasi ini bukanlah POKJA AMPL. Ia hanya merupakan embrio menuju kelahiran POKJA AMPL Kabupaten Sikka.
Walau sebagai embrio bagi kelahiran POKJA AMPL Kabupaten Sikka, Tim Koordinasi ini telah melaksanakan beberapa kegiatan dasar yang sangat menentukan arah kebijakan POKJA AMPL Kabupaten Sikka selanjutnya. Beberapa program yang telah dilaksanakan di antaranya adalah adanya rapat koordinasi lintas sektor terkait pelaku AMPL Kabupaten Sikka. Kegiatan lain yang dilakukan adalah upaya awal dalam proses penyusunan Rencana Strategis AMPL Kabupaten Sikka. Hal ini ditandai dengan diadakannya Lokakarnya yang membahas tentang Rencana Strategis AMPL Kabupaten Sikka yang dilaksanakan di Aula Biara Karmel pada tanggal 19-22 Oktober 2009.
Untuk memperlancar proses pembentukan POKJA AMPL Kabupaten Sikka ini, maka atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Sikka, melalui BPPPMD Kabupaten Sikka dengan dukungan dari UNICEF, di adakan perekrutan tenaga teknsis yang berfungsi untuk memfasilitasi semua kegiatan terkait POKJA AMPL Kabupaten SIKKA. Fasilitaor ini direkrut pada bulan April 2010 dan mulai bertugas sejak tanggal 12 April 2010 berdasarkan Surat Perjanjian Kerja (Kontrak) Nomor: Bap.I.3/Skr.15.a./2010 yang ditandatangani oleh Kepala BPPPMD Kabupaten Sikka selaku Ketua POKJA AMPL Kabupaten Sikka (Pihak I) dan Fasilitator AMPL Kabupaten Sikka (Pihak Kedua). Fasilitator POKJA AMPL berkantor di Ruangan Bidang Perencanaan Sosial Budaya dan Ekonomi pada BPPPMD Kabupaten Sikka (Alamat Jl. Mawar –Telp. (0382) 21696 -21885 Fax (0382) 21696 Maumere -86112).
Keterarahan kepada proses pembentukan POKJA AMPL kembali bergema lagi. Hal ini ditandai dengan dilanjutkannya proses penyusunan Renstra AMPL Kabupaten Sikka, Penyusunan data base AMPL Kabupaten Sikka dan pengawasan terhadap proses penyususan Keputusan Bupati Sikka tentang POKJA AMPL Kabupaten Sikka.
Suatu hal yang patut mejadi kebanggaan seluruh pelaku AMPL Kabupaten Sikka adalah bahwa POKJA AMPL sudah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Sikka Nomor 112/HK/2010 tentang Pembentukan Tim Koordinasi dan Kelompok Kerja Penyelenggaraan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat Kabupaten Sikka tahun 2010. SK ini ditetapkan di Maumere pada tanggal 5 Juni 2010 oleh Bupati Sikka, Drs. Sosimus Mitang, yang beranggotakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Dinas PU, Pertambangan dan Energi Kabupaten Sikka, Dinas Kehutanan Kabupaten Sikka, Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Sikka, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka, Komisi B DPRD Sikka, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penanaman Modal Daerah Kabupaten Sikka, PDAM Sikka.
Di pilak lain POKJA AMPL Kabupaten Sikka juga memiliki mitra kerja yang telah lama berupaya menggerakan perubahan prilaku masyarakat dalam aspek pemanfaatan sarana air minum dan sanitasi, di antaranya adalah:
• Lembaga independen yang menangani program pemerintah daerah, seperti PAMSIMAS, P2KP dan PNPM Mandiri.
• Lembaga Swadaya Masyarakat yang berkiprah di Kabupaten Sikka, seperti PLAN Indonesia-Sikka, Yayasan Dian Desa Wilayah NTT, Wahana Visi Indonesia, ChildFund, Yayasan Pembangunan Masyarakat, UNICEF.
• Perusahaan Swasta di bidang Air Minum, seperti Perusahan Air Minum isi Ulang (24 buah) dan Perusahaan Air Minum Kemasan (3 buah).
Suatu kerinduan yang terbersit dari kehadiran POKJA AMPL di Kabupaten Sikka adalah terpenuhinya Kebutuhan Air Minum dan sanitasi yang berkualitas dan berkelanjutan menuju Sikka Sehat 2015 dalam suatu proses membangun dengan hati nurani mulai dari Desa. Mai mogat hama-hama, mai kita ate leleha, mai kita sa ate, dai tite hama-hama.

Tidak ada komentar: