Rapat Koordinasi POKJA AMPL

Rapat Koordinasi POKJA AMPL
Situasi Rapat Koordinasi POKJA AMPL di Sikka

Senin, 04 Oktober 2010

RAPAT TERBATAS ANGGOTA POKJA AMPL KABUPATEN SIKKA

Selasa, 27 Juli 2010

Rapat terbatas POKJA AMPL Kabupaten Sikka untuk bulan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2010 bertempat di Aula BPPPMD Kabupaten SIkka. Rapat ini mengagendakan pembahasan lanjutan Renstra AMPL Kabupaten Sikka yang terbagi dalam dua bagian, yakni pertama: konfirmasi data seputar sistem pengawasan dalam bidang air minum dan sanitasi sebagaimana yang sudah dijalankan selama ini dan mendiskusikan analisis SWOT yang dipadukan dengan Renstra POKJA AMPL yang sementara disusun.
Analsis SWOT yang pernah dibuat oleh tim POKJA AMPL Kabupaten SIkka pada bulan oktober 2009 yang lalu direview untuk melihat lebih jauh perihal sanitasi di samping maslah seputar air minum. analisis ini didasarkan pada empat aspek penting dari proses analisis lingkungan sosial seputar AMPL yakni: Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan threat (ancaman). kekuatan yang dijadikan pijakan analisis dari perencanaan pembangunan AMPL di Kabupaten SIkka selama ini adalah peningkatan peran serta masyarakat dan penguatan kelembagaan dalam pengelolaan AMPL yang transparan dan berkelanjutan, adanya perlindungan /pelestarian sumber mata air dan konservasi air tanah, adanya pendidikan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat, penyediaan air bersih yang mendukung sanitasi dan peningkatan pelayanan air bersih menjadi air minum. selain kekuatan yang dimiliki, ada pula kelemahan yang senantiasa terjadi dalam proses pembangunan AMPL. kelemahan itu di antaranya adalah pendekatan pembangunan sarana/prasarana AMPL yang berorientasi proyek, terbatasnya alokasi dana untuk program pembangunan AMPL, belum adanya legalitas hukum yang mendukung program AMPL, kurangnya koordinasi antara institusi dalam pembangunan sarana/prasarana AMPL dan Data AMPL yang belum lengkap. di samping kekuatan dan kelemahan, ada juga peluang dan ancaman yang bakal dihadapi dalam proses pembangunan AMPL ke depan. menurut tim perumus Renstra AMPL Kabupaten Sikka, point yang termasuk kategori peluang adalah penggunaan teknologi tepat guna dlam pembangunan AMPL, perlu dukungan dana AMPL dari lembaga donor, adanya investasi usaha di bidang AMPL. sedangkan ancaman yang bakal dihadapi adalah terbatasnya sumber mata air, pengrusakan daerah tangkapan air/hutan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam melestarikan lingkungan hidup, kebiasaan buang air besar dan sampah di sembarang tempat.
ke empat aspek dasar dari proses analisis SWOT ini kemudian dikawinkan untuk melahirkan program strategis yang kemudian dicari program unggulannya untuk dijadikan prioritas dalam proses pembangunan AMPL di Kabupaten SIkka ke depan.

Tidak ada komentar: