Rapat Koordinasi POKJA AMPL

Rapat Koordinasi POKJA AMPL
Situasi Rapat Koordinasi POKJA AMPL di Sikka

Rabu, 13 Oktober 2010

INFO CTPS 2010 di SIKKA

Salam Jumpa. Dari Sikka kami informasikan bahwa untuk kegiatan HCTPS yang peringatannya jatuh pada tanggal 15 Oktober besok, Dinkes Kab, Sikka yang menjadi kordinator kegiatan telah mempersiapkan rancangan kegiatannya. Persiapan ini ditandai dengan adanya rapat pembentukan panitia pada tanggal 30 September 2010 yang menghadirkan utusan dari Jejaring AMPL Kabupaten Sikka, di antaranya adalah Yayasan Dian Desa, PLAN SIkka, WVI, ChildFund, Pamsimas.
Rapat perdana ini memutuskan:
• Kegiatan HCTPS di Kabupaten SIkka akan dilaksanakan di semua Kecamatan di Kabupaten Sikka dengan titik kosentrasi pada salah satu Sekolah Dasar di Setiap Kecamatan.
• Penggerak kegiatan adalah pihak PUSKESMAS di setiap Kecamatan dan Jejaring AMPL yang mendampingi wilayah yang bersangkutan. Setelah dirincikan maka hasilnya adalah: YDD mendampingi 5 Kecamatan, yakni Palue, Alok (Puskesmas Teluk), Kangae, Magepanda dan Alok Barat. PLAN mendampingi 8 Kecamatan yakni: Mego, Paga, Tanawawo, Waiblama, Lekebai, Talibura (Puskesmas Watubaing dan Boganatar), Kewapante dan Hewokloang. ChildFund mendampingi Kecamatan Waigete. WVI mendampingi Kecamatan Doreng, Nita dan Lela. Sedangkan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka mendampingi Alok (Puskesmas Kopeta), Alok Timur (Puskesmas Beru), Nele, Koting dan Mapitara.
• Pamsimas akan mendampingi 15 Desa dampingannya sendiri. Mereka memilih sekolah-sekoalah yang berada dalam desa tersebut.
• Perlu diadakan spanduk yang dibuat secara seragam untuk dibentangkan di setiap sekolah sasar dan kantor pelaku dan pendamping.
• Perlu disusun SK Panitia HCTPS 2010.
Sebagai bukti keseriusan untuk memperlancar kegiatan ini, pada tanggal 12 OKtober 2010 diadakan rapat lanjutan bersama dengan kepala Puskesmas dan sanitarian Puskesmas dari seluruh Kabupaten SIkka di Aula Rapat Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten SIkka. Inilah rapat koordinasi antar pelaku dan jejaring AMPL Kabupaten Sikka bersama Pihak Puskesmas yang menyebar di Kecamatan-kecamatan se Kabupaten Sikka.
dengan demikian seluruh kecamatan di Kabupaten Sikka akan melaksanakan kegiatan CTPS secara serempak yang difokuskan pada salah satu sekolah.
Pendanaan terhadap kegiatan ini ditanggung oleh Jejaring AMPL pendamping puskesmas dan Dinas Kesehatan Sendiri. Jadi Kegiatan ini tanpa anggaran khusus. Pendamping dan Dinas Kesehatan hanya menyiapkan sarana dan spanduk.
Inilah info singkat dari sikka. Semoga sukses walau walau hanya bermodalkan nekat.
Mai ita mogat hama-hama! Rasi liman nora sabang.

Tidak ada komentar: